Trik Mudah dan Cepat Membersihkan Karat di Peralatan Rumah Tangga

Published April 7, 2017

Peralatan rumah tangga memang menjadi hal yang penting untuk melengkapi kebutuhan rumah tangga. Biasanya peralatan ini terbuat dari berbagai bahan penyusun. Ada peralatan rumah tangga yang terbuat dari kayu, bambu, ataupun besi dan aluminium. Seiring dengan berjalannya waktu, peralatan rumah tangga juga mulai termakan usia. Maka sangat tidak mungkin bila peralatan rumah tangga terutama yang terbuat dari penyusun besi terhindar dari karat. Karat memang bisa berbahaya, karena akan terdapat begitu banyak bakteri. Tentunya Anda ingin menjaga kesehatan keluarga Anda bukan? Nah berikut ini merupakan ulasan, bagaimana cara mudah menghilangkan karat pada peralatan rumah tangga, bahkan menggunakan bahan-bahan yang mudah dan tidak terduga.

Minuman soda

Anda tentunya akan dengan sangat mudah menemukan minuman bersoda dimanapun tempat dijualnya. Minuman bersoda ternyata mampu menghilangkan karat, tempatkan barang berkarat di dalam gelas atau tempat lebih besar yang terisi minuman soda. Biarkan terendam atau cukup dicelupkan saja. Periksa setiap setengah jam untuk memeriksa hasilnya. Minuman bersoda  seharusnya mampu bekerja dengan baik.

Gunakan cuka

Cuka, merupakan salah satu bahan yang juga mudah untuk ditemukan. Cuka yang bersifat asam, akan membantu semua peralatan untuk membersihkan karatnya. Asam rumah tangga tidak beracun ini mampu mengatasi karat. Cukup tenggelamkan bahan berkarat di dalam cuka semalaman, kemudian kikis karat di pagi hari. Lebih baik menggunakan cuka sari apel dibandingkan cuka putih. Meskipun cuka putih juga dapat digunakan, ia tidak seefektif cuka sari apel. Meskipun cuka efektif, ia relatif ringan. Anda mungkin perlu merendam barang tersebut lebih lama dari hanya semalam; rendam dalam sehari mungkin lebih baik. Setelah mengangkat barang berkarat dari cuka, celupkan penggosok aluminium foil ke dalam cuka dan gosok barang tersebut dan hilangkan karat dengan mudah.

Menggunakan kentang

Kentang memang sangat mudah didapatkan. Selain sebagai bahan masakan asam oksalat yang terkandung pada kentang membantu menghilangkan penumpukan karat. Metode ini sangat berguna untuk benda kecil yang berkarat, seperti pisau. Ada dua cara menggunakan kentang untuk menghilangkan karat: Cukup menusuk pisau masuk ke dalam kentang dan biarkan selama sehari atau semalam, angkat pisau dari kentang dan gosok bersih karat. Iris kentang menjadi dua bagian, lapisi bagian dalam dengan soda kue secukupnya, dan gosoklah dengan kuat permukaan berkarat dengan kentang berlapis soda kue. Kemudian gosok dengan bahan abrasif, seperti sabut baja.

Menggunakan lemon atau air jeruk nipis

Lemon atau jeruk nipis bekerja dengan sangat baik untuk menghilangkan noda pada pakaian, tetapi juga cukup efektif untuk menghilangkan karat pada benda logam jika dibiarkan bekerja untuk waktu yang cukup lama. Caranya sangat sederhana, taburkan garam di atas bagian yang berkarat, rendam dengan lemon atau jeruk nipis, dan kemudian kikis dengan bola penggosok alumunium.



Published in Uncategorized




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • FOLLOW US
Graha 415 - 4th Floor Jl. Ciputat Raya No. 47 Pondok Pinang - Jakarta 12310 INDONESIA
Phone
Fax
021 75918626