5 Tips Penting Membeli Rumah untuk Pertama Kalinya!

Published June 8, 2017

Memiliki hunian atau tempat tinggal secara pribadi memang menjadi cita-cita banyak orang. Terutama bagi mereka yang telah memasuki usia dewasa muda tentunya sudah akan mempersiapkan diri dan mempersiapkan ancang-ancang dalam hal pembelian rumah. Harga penutupan, persetujuan KPR, suku bunga. Beberapa istilah dalam berburu rumah cukup memusingkan kepala pencari rumah baru. Namun 5 tips penting membeli rumah untuk pertama kalinya ini, bisa menjadi panduan Anda dalam memperiapkan diri menjalani proses pembelian rumah, apa saja kah itu?

Terus tabung

Jika Anda sebagai pembeli rumah pertama kali sudah berada di tahap ini, maka Anda sudah masuk kategori ahli dalam hal menghemat uang. Anda sudah cukup mengerti dan memahami seberapa acuan yang cukup untuk membayar uang muka rumah, namun ada hal lain yang perlu diketahui mengapa harus punya sedikit uang lebih. Tabungan ini akan sangat membantu untuk menutupi biaya tak terduga  apabila di saat suku bunga naik dan biaya cicilan meningkat. Sebagai panduan ketika menghitung budget, jangan berkomitmen lebih dari 30% dari pemasukan untuk biaya rumah. Selanjutnya, jangan lupa untuk periksa apakah total harga yang ditawarkan sudah termasuk dengan pajak, supaya tidak mengejutkan ketika sudah membayar.

 

Siap-siap inspeksi

Anda bisa membawa kamera untuk melakukan inspeksi dan membuat catatan mengenai properti yang diperlukan ketika memeriksa. Beri penilaian untuk semua properti yang sudah disurvei dengan acuan perhitungan beberapa faktor yaitu lokasi, budget, dan apakah membutuhkan renovasi atau perbaikan.. Setelah melakukan inspeksi, jangan lupa untuk memeriksa status legal dari rumah. Tanyakan tentang sertifikat rumah atau Izin Mendirikan Bangunan untuk menghindari penipuan yang cukup santer terjadi.

 

Dapatkan persetujuan KPR

Salah satu cara atau jalan terbaik agar tetap berada di limit finansial yang stabil  adalah dengan mendapatkan persetujuan KPR. Hal ini akan memberikan kesan kepada  agen real estate dan vendor kalau Anda serius untuk membeli rumah. Dengan begitu, ini juga memberikan Anda kesempatan dan kekuatan menawar lebih dan mencegah gagalnya persetujuan karena alasan finansial ketikai bernegosiasi.

 

Survei harga rumah dengan tipe yang sama

Jangan langsung memutuskan untuk mengambil properti yang dilihat pertama kali. Tinjaulah terlebih dahulu pilihan apa saja yang ada di sekitar lokasi yang diinginkan, bahkan walaupun itu melalui pencarian online sederhana untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan harga yang terbaik.

Gunakan pendapat ahli

Ketika kondisi finansial sedang mepet, Anda pasti tergoda untuk melupakan tahap ini. Anda pasti memiliki pemahaman yang logis, karena ketika Anda telah menjatuhkan pilihan, dan telah mengeluarkan banyak dana demi hunian idaman – kenapa harus keluar uang untuk hal yang tidak perlu?

Namun, untuk ke depannya, membayar jasa pengacara untuk memeriksa keabsahan surat rumah dan legalitas hunian memungkinkan dapat menghemat waktu dan uang, serta menyelamatkan Anda dari penipuan sertifikat ganda.

Itu tadi adalah tips bagi Anda yang baru akan membeli rumah untuk pertama kalinya. Memang sangat disarankan bila dana sebaiknya sudah terkumpul dan selanjutnya lakukanlah survei bertahap bahkan tak hanya pada satu tipe hunian saja. Semoga tips diatas cukup menginspirasi dan bisa memberikan referensi cara yang aman dan meyakinkan dalam proses pembelian rumah.



Published in Uncategorized




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • FOLLOW US
Graha 415 - 4th Floor Jl. Ciputat Raya No. 47 Pondok Pinang - Jakarta 12310 INDONESIA
Phone
Fax
021 75918626