Panduan Mendekorasi Ruang Tamu yang Sempit

Published November 3, 2017

Memiliki hunian dengan luas tanah yang tidak terlalu besar memang cukup menantang kreatifitas. Pasalnya luas tanah yang kecil juga bisa berakibat pada luas ruangan yang mungkin terbilang minim ataupun sempit. Ruang tamu menjadi salah satu ruang yang cukup penting dalam sebuah hunian. Karena ruang tamu bisa menghidupkan suasana kebersamaan apabila ada tamu yang datang berkunjung. Namun, bagaimana bila kondisi ruang tamu Anda tidak memiliki luas ataupun ruang yang cukup besar untuk dikreasikan? Nah, berikut ini tips untuk mendekorasi ruang tamu yang memiliki luas tidak terlalu besar.

 

1. Pilih sentuhan warna putih

Mendekorasi ruang tamu dengan dominasi warna putih akan membuat visual ruang nampak lebih lebar dan cukup besar. Dominasi warna putih juga menyebabkan kesan bahwa ruangan tersebut terasa nyaman untuk berkumpul dan bertukar cerita. Warna putih juga membuat ruangan nampak lebih asri dan enak dilihat. Selain dominasi warna putih, ruang tamu Anda juga bisa di dekorasikan dengan penambahan ornamen dengan warna-warna pastel dan salem atau berikan sentuhan tema tertentu pada ornamen dan furnitur yang digunakan.

 

      

 

2. Memanfaatkan sudut asimetris

Bangunan yang luas tanahnya tidak besar, tentu akan memanfaatkan langkah lain yaitu rumah dibuat bertingkat. Dan kondisi rumah bertingkat ini seringkali menimbulkan sudut-sudut asimetris pada suatu ruang. Kondisi sudut asimetris ini bisa terjadi pada ruang tamu karena kerap kali dianggap tidak terlalu rutin digunakan, sudut asimetris ini bisa dimanfaatkan untuk membuat kesan bahwa ruang tamu memiliki luas ruang yang cukup besar. Pada bagian asimetris di ruang tamu, Anda bisa menggunakan sebuah pot hias atau hiasan dinding. Usahakan jangan menggunakan furnitur, karena furnitur biasanya akan membuat kesan bahwa ruangan tersebut semakin sempit.

 

3. Menggunakan cermin dan pemilihan sofa yang tepat

Di era modern saat ini, gaya interior pun ikut berkembang. Salah satunya adalah penggunaan cermin pada sudut-sudut kecil di suatu ruang yang terbilang kurang luas dan memiliki sudut asimetris. Cermin ini bisa membiaskan kesan bahwa kenyataannya ruangan tersebut sebenarnya kecil tapi dibuat untuk terasa lebih luas dan lebar. Penggunaan cermin ini sebenarnya merupakan paham interior lama, karena perlu pertimbangan yang cukup matang mengenai pemasangan cermin pada sudut-sudut ruangan. Selain memakai cermin, Anda juga perlu menentukan jenis sofa yang akan digunakan, sesuaikan bentuk dan ukuran sofa dengan luas ruangan. Jangan sampai sofa yang Anda gunakan di ruang tamu Anda memakan lebih banyak space untuk sebuah ruang tamu yang minimalis.

 

   

 

4. Usung tema shabby-chic

Bila Anda menyukai seni shabby-chic atau sebuah dekorasi vintage yang mengusung tema bunga-bunga dan manis ala shabby, dekorasi ini tentu bisa Anda aplikasikan pada sebuah ruang tamu yang luasnya tidak cukup besar. Gaya shabby-chic memang gaya yang diperuntukan bagi ruang-ruang kecil dan bertujuan untuk menghidupkan kesan manis dan nyaman pada sebuah ruangan. Anda bisa memadupadankan gaya dekorasi shabby ini dalam satu warna dasar atau mengkombinasikannya dengan warna yang cocok dan tidak memerlukan tambahan furnitur yang terlalu besar atau banyak. Bahkan dengan gaya interior seperti ini, Anda bisa saja tidak membutuhkan sofa dan menggantinya dengan kursi tamu lain yang memiliki bentuk lebih sederhana. Ruang tamu mungil Anda akan terasa nyaman dan manis untuk dikunjungi

 

    

 

 



Published in Uncategorized




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • FOLLOW US
Graha 415 - 4th Floor Jl. Ciputat Raya No. 47 Pondok Pinang - Jakarta 12310 INDONESIA
Phone
Fax
021 75918626