Cara Mengusir Nyamuk di Rumah dengan Bahan Alami

Published June 29, 2017

Nyamuk memang bukan lagi serangga yang asing bagi setiap orang. Nyamuk memang sepertinya tidak membawa keuntungan apapun selalin mengganggu atau menimbulkan penyakit seperti demam berdarah. Keberadaan nyamuk ini memang bisa dipicu karena berbagai faktor, dan nyamuk seringkali sulit dihilangkan secara tuntas dari hunian. Menggunakan obat pembasmi serangga memang praktis, tapi apakah sudah di pertimbangkan bahayanya bahan kimia yang akan terus menerus digunakan untuk membasmi nyamuk? Untuk itu, nyamuk sesungguhnya dapat dicegah kehadirannya oleh bahan-bahan alami berikut ini yang terbukti aman dan bebas dari bahaya kimia. Berikut adalah cara mudah dan alami untuk mengusir nyamuk di rumah.

1. Daun serai

Cara alami mengusir nyamuk yang pertama adalah menggunakan dau serai cara ini terbilang cukup dipahami masyarakat umum karena daun serai memang dikenal mampu mengusir nyamuk. Caranya adalah ambil daun serai, campurkan dengan air secukupnya lalu haluskan dengan blender. Diamkan kurang lebih 12 jam, kemudian saringlah daun serai yang sudah dihaluskan dengan blender sehingga akhirnya menghasilkan cairan saja. Masukkan air serai tersebut ke dalam botol semportan, kemudian semprotkan. Namun, ada cara lain yang lebih praktis yaitu menggunakan ekstrak daun serai wujudnya berupa minyak, dan hanya perlu memercikan cairan minyak tersebut ke ruangan.

2. Kulit jeruk

Kulit jeruk juga merupakan bahan alami yang sudah terkenal dapat mengusir nyamuk. Jika ingin mencobanya, caranya adalah dengan menaruh kulit jeruk kering di ruangan. Dengan begitu, selain memberi wangi alami pada ruangan juga mengusir nyamuk.

3. Ragi dan lavender

Siapapun bisa membuat obat nyamuk alami dengan menggunakan minyak lavender dan ragi. Caranya adalah dengan menyiapkan minyak lavender, lalu larutkan minyak lavender dengan menambahkan air sekitar 10% dari banyaknya minyak lavender, juga ragi secukupnya. Aduk hingga larut sehingga menjadi cairan, sehingga siap ditaruh di wadah dan disimpan di ruangan.

4. Menggunakan bunga

Ada beberapa jenis bunga yang memiliki wangi yang tidak dapat ditahan oleh nyamuk, yakni bunga krisan, geramary, rosemary, dan beberapa lainnya, cara ini bisa memberikan keuntungan lain selain terhindar dari nyamuk adalah wangi bunga yang segar, dan tampilan bunga yang bisa memperindah. Caranya sangat mudah, yakni cukup menanam bunga krisan atau teman-temannya di sekeliling rumah. Untuk lebih mudahnya, jenis bunga rosemary yang berukuran kecil bisa ditanam di pot kecil, sehingga dapat disimpan dalam ruangan.

5. Minyak kayu putih dan lemon.

Bahan alami ini, digunakan untuk pemakian topikal pada kulit. Campuran minyak kayu putih dan lemon dianggap aman dan ampuh  mengusir nyamuk secara alami. Lemon dan minyak kayu putih mengandung zat aktif yang memiliki sifat antiseptik dan penolak serangga ketika diterapkan pada kulit. Caranya dengan mencampurakan minyak kayu putih dan tetesan lemon dalam proporsi yang sama, oleskan pada kulit.



Published in Uncategorized




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • FOLLOW US
Graha 415 - 4th Floor Jl. Ciputat Raya No. 47 Pondok Pinang - Jakarta 12310 INDONESIA
Phone
Fax
021 75918626